Niny Mony
Tiba-tiba kepikiran buat nulis tentang ini karena lihat dampak dari gak pilih-pilih teman yang dialami salah satu saudara gue (buat teman-temannya yang ngerasa silahkan tersinggung & intropeksi yaa). Mungkin pas pertama kali kalian baca judulnya, kalian akan beranggapan kalau gue ngajarin yang gak bener, gak seperti ajaran guru kalian pas SD yang selalu bilang "kita gak boleh milih-milih teman", nasehat guru kalian itu gak keseluruhan benar tapi gak keseluruhan salah juga sih. nahloh bingungkan -_- maksudnya ada benernya tp ada salahnya juga. Menurut gue yang dimaksud sama guru lo itu, gak boleh milih teman berdasarkan status sosial, nah kalau itu gue setuju banget. tapi banyak yang salah mengartikan kalimat "gak boleh milih-milih teman" itu sendiri, mereka malah beranggapan kalau kita harus berteman dengan semua orang, peduli amat tuh orang ngasih dampak baik atau buruk ke hidup kita, pokoknya kita temenin aja semuanya (kalau udah kayak gini, gue bingung mau nyalahin siapa).

Oke lanjut, menurut gue lingkungan pertemanan sangat berpengaruh terhadap masa depan kita. apabila lingkungan pertemanan kita gak jelas, kemungkinan masa depan kita gak jelas juga sangat mungkin. maka dari itu, gue gak mau munafik kalau selama ini gue selalu milih-milih teman. bahkan hal itu gue lakuin mulai dari SD (maafkan aku ibu hasna, karena aku gak menuruti perkataanmu), dan alhamdulillah banget gue dari SD sampai sekarang selalu dapat teman yang oke punya hahaha
Cara berteman gue cukup simple, misalnya gue berada di suatu lingkungan baru, pada awalnya gue bakal berteman sama semuanya, tapi seiring berjalannya waktu, bakal gue amati satu persatu, mulai dari cara mereka ngomong, bersikap,dll kalau ada yang gak sesuai apalagi sampe ngasih pengaruh yang buruk ke gue langsung deh gue blacklist dari list pertemanan. Perlahan-lahan gue ngebatasin deh pergaulan sama orang itu. Gampang kan.

Salah satu tipe teman yang gue hindarin adalah teman yang mulutnya 'kotor', selalu ngeluarin kata-kata kotor. Salah satu contoh kata kotor dari asal gue adalah "pu*i", apalagi kalau yang ngomong gitu adalah seorang cewek fufufufuwww betapa kotornya mulut mereka, kalau kata kotor terebut keluar saat dalam kondisi emosi trus gak sengaja ngeluarin kata kotor itu sih, gue masih bisa sedikit mengerti karena saat emosi terkadang kita gak bisa ngontrol apa yang keluar dari mulut kita, tapi jaman sekarang yang terjadi di Ambon (asal gue), anak yang gak sering mengeluarkan 'kata kotor' itu dari mulutnya malah dianggap cupu atau gak gaul, helloooo! bener-benar udah gak beres otaknya orang-orang yang beranggapan seperti itu.
Kalau berteman sama orang seperti ini, secara gak sadar mulut kita akan jadi 'kotor' juga (kan sayang banget tuh mulutnya).

Selain itu, tipe yang harus dihindari juga adalah teman yang 'gak berhasil' trus ngajak temannya untuk ikut 'gak berhasil' juga dengan alasan kebersamaan, setia kawan, dll. helloooowww! kalau 'gak berhasil' gak berhasil aja sendiri, gak usah ngajak-ngajak. apa orang seperti ini layak dianggap teman? Cuman orang goblok  yang ngelakuin hal itu.

Intinya pilih-pilih teman itu penting loh, teman yang ngajarin yang baik-baik, ngasih dampak yang baik untuk masa depan kamu harus disayang & dipertahankan, sedangkan teman yang ngasih dampak buruk silahkan membatasi pergaulan sama dianya. sekian dan terima kasih :)

Share
0 Responses

Posting Komentar